RSS

Kuliner Kota Banda Aceh Menggugah Selera..

Haloo saudara-saudara semua.. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak dan memperkenalkan kepada kalian semua mengenai tempat wisata kuliner yang ada di Kota Banda Aceh. Mau tahu di mana saja tempat wisata kuliner yang ada di Kota Banda Aceh? Berikut adalah beberapa wisata kuliner yang cukup terkenal di Kota Banda Aceh.. 

Pertama, saya akan ajak sobat semua makan Mie Aceh. Mie Aceh adalah salah satu makanan favorit orang Aceh. Bagaimana tidak, bisnis Mie Aceh di Kota Banda Aceh sangat mengiurkan. Malahan nie ya, ada beberapa warung Mie Aceh yang sudah buka cabang di berbagai daerah di Kota Banda Aceh bahkan di luar Kota Banda Aceh, ada banyak artis juga yang ke Kota Banda Aceh pernah mencoba mencicipi rasa Mie Aceh. 

Salah satu Mie Aceh yang paling enak menurut saya yaitu Mie Razali yang terletak di Jl. T. Panglima Polem Peunayong Banda Aceh, Mie Turis yang terletak di Jl. T. Nyak Arif Peurada Kota Banda Aceh, Mie Mizi yang ada di Jl. Tgk Chik Ditiro Peuniti Kota Banda Aceh, dan masih banyak lagi warung Mie Aceh yang rasanya enak-enak. Kalian tahu ngak sih? Mie Aceh ini rasanya sangat lezat karena menggunakan bumbu khas Aceh yang merupakan warisan leluhur masyarakat Aceh. Emang banyak sekarang Mie Aceh yang ada di luar Banda Aceh, tapi kadang-kadang gak seenak yang ada di Kota Banda Aceh. Mau merasakan seporsi Mie Aceh? Makanya ayo ke Kota Banda Aceh.. 

Mie Aceh saat ini tersedia berbagai macam variasi mulai dari mie daging, udang, cumi-cumi, kepiting, dan lain-lain sebagainya. Dan harganya mulai dari Rp 8000/porsi hingga Rp 25000/porsi tergantung selera kita. Pada saat mengosumsi Mie Aceh, biasanya di sediakan acar misalnya kerupuk, mentimun,  wortel, bawang merah, dan sebagainya. Kalau pernah ke Mie Razali Peunanyong nie ya, di dinding warung tersebut terpampang foto-foto artis yang pernah ke Mie Razali, misalnya Teuku Wisnu, Shireen Sungkar, Ikang Fauzi, Ira Wibowo, dll.


"Mie Razali Peunayong Kota Banda Aceh"
(Sumber: Dok. Pribadi)
"Warung Mie Razali Peunayong"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Foto-foto Artis di Warung Mie Razali Peunayong Kota Banda Aceh"
(Sumber: Dok. Pribadi)

Bukan hanya Mie Aceh saja yang tersedia di Kota Banda Aceh, ada juga beberapa tempat wisata kuliner yang lain yang ada di Kota Banda Aceh, yang tak kalah enaknya. Sebut saja Ayam Tangkap yang tersedia di Warung Masakan Khas Aceh Rayeuk yang terletak di Jl. Imum Lueng Bata Kota Banda Aceh (Saat ini sudah buka beberapa cabang). Kalian tahu ngk kenapa dinamakan Ayam Tangkap? Dinamakan Ayam Tangkap karena pada saat kita makan, kita harus menangkap potongan-potongan daging ayam di semak-semak dedaunannya. hehe 

Satu porsi Ayam Tangkap, biasanya 1 ekor ayam kampung yang digoreng bersama dengan bumbu dan rempah-rempah khas Aceh. Adapun bumbu yang digunakan biasanya bawang putih, lada, kemiri, garam, dan jahe. Setelah ayamnya dibumbui, ayam lalu digoreng sekitar 5-10 menit. Pada saat yang bersamaan, dimasukkan pula beberapa genggam daun yang akan disajikan bersama ayam sehingga rasa rempah dedaunan turut meresap ke dalam daging ayam. Pada pembuatan Ayam Tangkap, biasanya menggunakan daun kari, potongan daun pandan, dan daun salam koja. Dedaunan itu pula yang kemudian menutupi seporsi sajian Ayam Tangkap.


"Ayam Tangkap"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Bukan hanya itu saja wisata kuliner yang ada di Kota Banda Aceh, Selanjutnya saya akan mengajak sobat semua merasakan enaknya Eungkot Keumamah. Kalian tahu apa itu Keumamah? Engkot Keumamah (Dalam bahasa Aceh) atau ikan kayu adalah ikan tongkol yang di iris kecil-kecil seukuran dua jari sebelum dijemur. Pengeringan secara alami ini bisa dilakukan selama seminggu atau lebih agar ikan menjadi kaku dan kenyal. Eungkot Keumamah ini tersedia di berbagai warung yang ada di Kota Banda Aceh. 

Kalian tahu ngak sih? di dalam sejarah Aceh, Eungkot Keumamah disamping juga beras dan bumbu masak khas Aceh lainnya menjadi bekal yang selalu dibawa para pejuang Aceh, saat bergerilya di hutan  atau bersembunyi di kurok-kurok (tempat persembunyian di dalam tanah), ketika perang melawan agresi Belanda yang dimulai pada tanggal 26 Maret 1873. Hal ini dikarenakan bahan-bahannya awet, tahan lama, tidak mudah basi, tapi bisa menambah nafsu makan, yg menjadikan menu Eungkot Keumamah ini termasuk idola para pejuang. Selain itu, kalian tahu artis Shireen Sungkar (istri Teuku Wisnu) kan? Shireen mengaku sangat menyukai ikan kayu tersebut.

"Eungkot Keumamah"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Masih ada lagi loh kuliner lainnya, selanjutnya saya akan ngebahas mengenai Gulai Kambing. Dari namanya saja kita sudah tahu apa itu Gulai Kambing kan? tapi Gulai Kambing khas Kota Banda Aceh beda rasanya loh,, karena menggunakan bumbu dan rempah-rempah pilihan khas Aceh. Jika kalian ke Kota Banda Aceh ne ya, jangan lupa mencicipi Gulai Kambing khas Kota Banda Aceh. 

Ada banyak Gulai Kambing yang tersedia di Kota Banda Aceh, diantaranya adalah Gulai Kambing Ridha Illahi yang terletak di Jl. Tgk. Chik Ditiro depan gedung sosial Kota Banda Aceh, di warung Cut Mun di Jl. T. Nyak Arif Lamnyong Kota Banda Aceh, di warung Hasan (Saat ini sudah buka cabang) di Jl. T. Muhammad Hasan Batoh Kota Banda Aceh (Cabang dari Krueng Cut), dan masih banyak warung lain yang menyediakan menu ini.

Diwarung-warung yang tersedia Gulai Kambing atau Sie Kameng (Dalam bahasa Aceh), pada jam makan siang dipenuhi oleh orang-orang dari berbagai kalangan, misalnya dari karyawan kantoran, guru, mahasiswa, dan sebagainya. Pokoknya nie ya, dimana ada Gulai Kambing disitu banyak orangnya. hehehe 


"Gulai Kambing"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Salah satu warung yang menyediakan Gulai Kambing"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Gimana enak-enak kan wisata kuliner yang ada di Kota Banda Aceh? Masih ada lagi ne, selanjutnya saya ingin memberikan informasi mengenai masakan Gule Plik U. Gule Plik U adalah sejenis masakan gulai bersantan yang cukup digemari masyarakat Kota Banda Aceh. Gulai ini disajikan bersama nasi dan ikan goreng, gulai ini juga biasanya tersedia diacara-acara tertentu namun sering juga masakan sehari-hari masyarakat Kota Banda Aceh.

Bahan Baku Utama yang menjadi asal penamaan Gulee Plik U adalah "pliek" sejenis ampas pembuatan minyak kelapa dengan proses pembusukan dan pemerasan Kandungan minyaknya. Ampas yang telah tidak mengandung minyak tersebut lalu dikeringkan dan selanjutnya dijadikan bahan utama pembuatan Gulee Plik U. Selain "Plik", sayur-sayur yang ditambahkan diantaranya buah nangka muda, buah pepaya muda, kelapa yang diambil santannya, daun melinjo, kacang panjang, rebung kecombrang, buah melinjo, udang kecil, dan sebagainya.

Hampir disemua warung makan tersedia Gulee Plik U, banyak dijumpai dirumah makan diseputaran Jl. Kyai Ahmad Dahlan, Jl. Cut Meutia, Jl. T. Nyak Arief, dan lain-lain.

"Gulee Plik U"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Selain itu, tempat wisata lain yang rame dikunjungi di Kota Banda Aceh yaitu di Jl. T. Nyak Arif Lamnyong (Sp. Mesra). Di daerah tersebut menyediakan berbagai jenis ikan panggang, yang menyediakan ikan segar dan bagi pengunjung langsung memilih sendiri ikannya untuk dipanggang. Tempat-tempat tersebut banyak dikunjungi pada hari-hari libur dan pada malam hari. Disederet jalan tersebut, terdapat beberapa warung yang menyediakan ikan panggang.


"Lamnyong salah satu tempat wisata kuliner ikan bakar"
(Sumber: Dok. Pribadi)
"Ikan Panggang"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Selain yang saya sebutkan diatas, ada lagi yang tidak kalah enaknya, yaitu Nasi Guri. Nasi Guri merupakan menu sarapan favorit bagi orang Aceh, dan paling populer di Kota Banda Aceh, wajib dicoba bagi yang berkesempatan berkunjung ke Kota Banda Aceh. Rasanya memang benar-benar nikmat dan sangat gurih, sehingga dinamakan Nasi Guri. Kalau ke Kota Banda Aceh nie yaa jangan lupa singgah di rumah makan Nasi Uduk Kelapa Gading di Jl. Teuku Nyak Arif depan Asrama Haji Embarkasi Kota Banda Aceh, di situ sudah terbukti rasa nasi guri yang sangat enak, nasi guri di Kelapa Gading menggunakan lauk daging ayam dan ikan lele. Harga pun terjangkau sekitar Rp 15000/porsi.


"Nasi Guri Aceh"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Bukan hanya masakan saja yang tersedia di Kota Banda Aceh, ada juga makanan-makanan lain yang tersedia misalnya Timphan. Timphan merupakan jajanan khas Aceh, terbuat dari tepung ketan yang berisi campuran kelapa ataupun srikaya dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Jajanan ini banyak terdapat di pasar tradisional atau warung/rumah makan diseputaran Kota Banda Aceh, salah satunya di Jl. Mesjid Raya Baiturrahman.

Selain Timphan, ada lagi yang lain misalnya Kueh Bhoi, Pisang Sale, Rujak Aceh, Meuseukat, dan masih banyak lainnya. Biasanya makanan-makanan tersebut banyak tersedia menjelang bulan Ramadhan atau hari raya Islam. Tapi juga tersedia di hari-hari biasa, yang dijual di pinggir-pinggir jalan atau di warung-warung Kota Banda Aceh. 


"Timphan"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Rujak Aceh"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Martabak Aceh juga merupakan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat di Kota Banda Aceh. Martabak ini terbuat dari  telur yang ditambahkan bawang, sayur-sayuran, dan bumbu lainnya. Rasa martabak Aceh ini sangat khas sehingga banyak orang-orang yang berburu makanan tersebut. Martabak Aceh ini banyak dijual dipingir-pinggir jalan raya di Kota Banda Aceh. Misalnya di Jl. T. Nyak Arif Darussalam dan Peurada, Jl. Tgk Chik Ditiro Peuniti (Simpang Surabaya) dan sebagainya.


"Martabak Aceh"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Selain makanan, di Kota Banda Aceh juga terkenal dengan kopi dan sanger (kopi susu) yang khas. Coba saja ke Kota Banda Aceh banyak kita jumpai warung-warung kopi, salah satu warung kopi yang banyak pengunjungnya yaitu Dhapu Kupi yang terletak di Sp. Surabaya Kota Banda Aceh (Sekarang sudah buka cabang). Di warung ini juga banyak artis yang pernah ke Kota Banda Aceh, pernah singgah sejenak di Warung Dhapu Kupi. Selain Dhapu Kupi, ada juga warung lain misalnya Warkop Solong, Zakir Kupi, Tower Kopi, dan sebagainya. Karena Kota Banda Aceh terkenal dengan kopi nya, tidak heran banyak warung kopi yang sudah buka cabang. Makanya tidak heran juga di Kota Banda Aceh banyak warung kopi.
        
"Kopi Banda Aceh"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Sanger (kopi susu)"
(Sumber: Dok. Klik disini)

"Dhapu Kupi Sp. Surabaya"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Gimana makanan dan minuman yang ada di Kota Banda Aceh menggungah selera ngak??  Selain yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi makanan dan minuman yang enak dan lezat di Kota Banda Aceh. Ada banyak makanan dan minuman yang tersedia pada malam hari, seperti Nasi Goreng, Nasi Kuning, Soto, Batagor, Siomay, Sate, Es Buah, dan kuliner khas Aceh dan kuliner lainnya. Makanan-makanan seperti itu banyak terdapat di seputaran Darussalam, pusat kota, lampriet, Simpang Surabaya, Sp. Jamboe Tape, Peurada, dan masih banyak lagi yang tak bisa saya kupas satu per satu.

Bukan hanya masakan khas Aceh saja yang menggugah selera, tetapi Kota Banda Aceh itu adalah surganya makanan. Selain masakan yang saya sebutkan tadi. Sekarang di Kota Banda Aceh lagi ngebuming dengan Pancake, Ayam Lepas, dan Ayam Penyet. 

Pancake saat ini banyak tersedia disederet jalan yang ada di Kota Banda Aceh, sedangkan Ayam Lepas memang tersedia di Restoran Ayam Lepas (Sekarang sudah buka cabang diberbagai belehan kota), dan Ayam Penyet yang tersedia di warung Wong Solo, Waroeng Nenek, Pak Ulis, dan masih banyak lagi. Itu semua tersedia di belahan Kota Banda Aceh.

Bukan hanya makanan khas daerah lain saja ada di Kota Banda Aceh, tapi saat ini di Kota Banda Aceh juga ada beberapa restoran khas-khas negara luar mulai dari makanan khas Jepang hingga makanan khas Thailand. Di Kota Banda Aceh juga tersedia makanan-makanan Turki salah satunya adalah Kebab Turki.


"Pancake"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Ayam Penyet"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Ayam Lepas"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Warung Ayam Lepas"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Selain Ayam Lepas, Pancake dan Ayam Penyet, saat ini di Kota Banda Aceh juga lagi ngebuming Donat Kentang dan Bakso Goreng. Donat Kentang ini dibuat dengan menggunakan kentang sehingga rasanya yang lembut membuat banyak konsumen yang membelinya. Donat Kentang juga tersedia beberapa macam rasa misalnya rasa stobery, kacang, keju, coklat, dan lain-lain sebagainya. Harganya pun sesuai dengan kantong mahasiswa yaitu Rp 2000/potong. Jajanan ini banyak terdapat di seputaran Kampus Unsyiah Darussalam dan Lamnyong.


"Donat Kentang"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Selain itu, sekarang juga lagi banyak-banyaknya penjual Bakso Goreng dan Bakso Bakar, coba saja ke daerah Ulee Lheu Banda Aceh, dipinggiran jalannya banyak sekali penjual Bakso Goreng dan Bakso Bakar. Bukan hanya disitu saja, sekarang hampir diseluruh Kota Banda Aceh ada penjual Bakso Goreng dan Bakso Bakar.  Ngomong-ngomong masalah bakso nie yaa, di Banda Aceh juga banyak warung-warung yang menyediakan Mie Bakso dan Mie Pangsit yang paling enak. Di antaranya Mie Bakso Rindang Darussalam, Mie Pangsit Lamgugop (Sekarang sudah buka cabang), dan masih banyak lagi yang enak-enak.


"Bakso Bakar"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Mie Pangsit Lamgugop Kota Banda Aceh"
(Sumber: Dok. Pribadi)

Selain itu, ada yang baru nie di Kota Banda Aceh yaitu Sop Sumsum Kuta Raja. Jika sobat ke Kota Banda dan ingin mencicipi semangkok Sop Sumsum Kuta Raja pergi saja ke Jl. Imum Lueng Bata Kota Banda Aceh. Di tempat tersebut menyediakan Sop Sumsum yang sangat lezat dan berbagai macam makanan dan minuman lain.


"Sop sumsun tulang"
(Sumber: Klik disini)

Ada yang paling enak lagi nie, yaitu Canai Mamak Kota Banda Aceh. Canai Mamak ini rasanya sangat lezat tak heran jika banyak orang yang menyerbu restoran tersebut. Menu utama Restoran Canai Mamak ini di antaranya Canai Pisang Keju Coklat, Nasi Hainan, dan Teh Tarik. Jika sobat semua pengen merasakan nikmatnya menu-menu tersebut, sobat bisa ke Restoran Canai Mamak di Jl. Teuku Umar No 51 Seutui Kota Banda Aceh dan di Jl. Teuku Nyak Makam, Lamteh Kota Banda Aceh, dan sekarang juga sudah buka di seputaran jalan menuju Pantai Ulee Lheue Kota Banda Aceh.


"Restoran Canai Mamak di Seutui Kota Banda Aceh"
(Sumber: Dok. Klik disini)
"Canai Pisang Keju Coklat"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Selain itu, kalau sobat semua ingin menikmati yang segar-segar, sobat semua dapat mengunjungi Mall Suzuya Plaza di Jl. Teuku Umar Seutui Kota Banda Aceh, tepatnya di lantai II, di sana terdapat Cafe Fountain yang menyediakan berbagai macam Ice Cream dan Nasi Goreng. Tempat ini juga banyak di kunjungi oleh turis-turis atau wisatawan yang datang ke Kota Banda Aceh. Coba saja ke cafe tersebut, banyak pengunjung yang berasal dari luar Kota Banda Aceh, rata-rata mirip artis gitu. hehehe 


"Cafe Fountain Kota Banda Aceh"
(Sumber: Dok. Pribadi)
"Ice Cream Fountain"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Selain makanan tradisional dan makanan Indonesia, di Kota Banda Aceh ada juga makanan internasional seperti KFC (Kentucky Fried Chicken) dan Pizza Hut. Restoran KFC di Kota Banda Aceh diantaranya didaerah Pusat Kota Banda Aceh (Simpang Lima) atau di Jl. Tgk Daud Beureueh, di Lamnyong (Samping SPBU) Lamnyong, Keutapang, dan lain sebagainya. Sedangkan Pizza Hut terletak di Simpang Lima Kota Banda Aceh tepatnya di depan KFC Simpang Lima.


"Restoran KFC Lamnyong Kota Banda Aceh"
(Sumber: Dok. Pribadi)
"Beberapa foto yang terkait dengan KFC Kota Banda Aceh"
(Sumber: Dok, Pribadi)
"Pizza Hut"
(Sumber: Dok. Klik disini)

Jadi, makanan dan minuman yang ada di Kota Banda Aceh komplit kan? mulai dari Kopi Aceh, makanan-makanan khas daerah yang ada di Indonesia (Seperti kuliner Padang, Jawa, Sunda, dll) sampai makanan-makanan internasional ada di Kota Banda Aceh. Gimana mau ke Kota Banda Aceh ngak? kalau sobat semua jalan-jalan ke Kota Banda Aceh di jamin ngak bakalan kelaparan kok, yang penting isi dompetnya banyak. hehehe. Yang saya bahas itu belum habis semua loh, masih BANYAK lagi yang tidak saya bahas, dikarenakan saya capek nulis. hehehe 

Jadi, intinya AYO KE KOTA BANDA ACEH untuk merasakan nikmatnya wisata kuliner yang tersedia di Kota Banda Aceh. Oke, sampai disini dulu yaa,, pesan saya cintailah wisata kuliner yang ada di Indonesia umumnya dan khususnya wisata kuliner yang ada di Kota Banda Aceh.. Bye 


Sumber: Pribadi dan berbagai situs di Google.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

30 komentar:

Ryan Syahputra mengatakan...

Banyak juga kuliner yang ada di kota Banda Aceh yaa?? Kapan-kapan saya ke sana lah. Blog yang bagus, dengan adanya blog ini, saya lebih tahu sekarang mengenai tempat wisata kuliner yang ada di Banda Aceh.

Muhammad Adi Putra mengatakan...

Banda Aceh memang Oke.. Semua ada di Banda Aceh.. :)

Aceh Planet mengatakan...

Mantap Banget Tulisan ya.
Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

sqone ijal mengatakan...

Bagus artikel nya, jangan lupa mampir kemari ya : http://bandaacehvisit.blogspot.com/2014/04/banda-aceh-icon-para-cendekia-aceh.html

Cek Ly mengatakan...

tetap timphan favorit saya. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

cut ismah mengatakan...

Kuliner Kota Banda Aceh mmang oke2 bnget..

G Hunter mengatakan...

Makanan favorit saya tetap Mie Razali dan Mie Turis. Saya sangat suka makanan tsb, pdhal saya dari Medan dan saya buka org Aceh.

Muhammad Syarif,S.HI,M.H mengatakan...

mantap...jangan lupa mampir kesini juga ya?http://informasi-syarif.blogspot.com/2014/03/hutan-kota-icon-paru-paru-serambi-mekkah.html

egi kusmayadi mengatakan...

untuk menu di atas paling aku pengen tuh yang eungkot keumamah dan sop sumsumnya mantap banget tuh kayanya..
oia untuk menu eungkot keumamah apa ddih resepnya gan?
terimakasih ;)

visit to http://tanjungherbal.com/ace-maxs/

Thoni Doni mengatakan...

kuah pliek U kegemaran sy

Imaji Tour mengatakan...

kulinernya enak-enak friends! Apalagi di tempat wisata yang asyik... :-)
oh ya, mampir dong ke Pulau Belitung, cobain kuliner yang ada disana guys.

Mie Rebus Belitung - Belitung Traditional Culinary

rename setiadi mengatakan...

We are the World's Largest Online Football Agent and Trusted. The transaction process is safe, fast and comfortable is our commitment to make our loyal customers even more pleased to recommend our services to their fellow colleagues. Agen Bola Casino Poker Togel Online Terpercaya | Agen Casino Online

Nahla Fashion mengatakan...

wah enak banget tuh makanannya ,
terimakasih ya infonya :)
http://nahlafashion.com/

muhammad mengatakan...

Masih ada satu lagi, KAK MELATI coba aja singgah muda2an membantu
http://kuepesanankakmelatibandaaceh.blogspot.com/

Lusi Puspita mengatakan...

aduhh ice cream nya,, bikin ngiler,,,
mampir ya: Obat untuk Rematik

Indah Dewi mengatakan...

punya usaha eskrim memang sangat menggiurkan apalagi eskrim unik seperti es krim goreng . :)

Liska Intan Mustika mengatakan...

Hai pecinta kuliner ACEH, mau LCD TV GRATIS?
Special buat kamu yg ikutan #OnlineSurvey bareng @ceritaperut !! Klik aja >> http://bit.ly/1xbFu1l ;) #Kuliner

laila kadri mengatakan...

Insya Allah tahun ini rencana mau pulkam ke kota Banda tercinta. Bagus kamu udah duluan kasih info ttg resto2 yg terkenal di sana. Sebagian saya sudah tau. Tapi banyak jg yg belum. Jadi ntar mudah2an bisa dikunjungi. Saya fav nya resto asli Aceh. Tapi jgn pedas2 x. Kl Pizza Hut atau KFC sy sama sekali gak fav. Terima kasih banyak atas infonya. Semoga sukses utk selanjutnya. Acungan jempol. Salam manis dari Laila Kadri awak Banda.

Nika Nurmayanti mengatakan...

emmm yummyyyyy,
bikin ngilerrrrr (y)

sekalin mampir yuk http://mobildatsunbandung.com/

ceritajajan mengatakan...

sangat menarik...
ijinkan ane copas di blog ane bisa?
tentu, sesuai etika, sumber akan tercantum.. :D

Teuku Edy Juanda mengatakan...

Sama2,, 😃😁😜

Teuku Edy Juanda mengatakan...

Aamiinn.. mkshh kakak.. salam kembali. 😃😁

Teuku Edy Juanda mengatakan...

Okee sipp.. 😁😁😃

Said wahyu hidayatullah mengatakan...

Satu lagi gan buat yg suka pedaaaassssss d mr. Cabe sebelum simp. Jambo tape gan

Sahrul Yusuf mengatakan...

banda aceh baguuus.......

Tania Darmawan mengatakan...

Agen Judi
Bandar Judi Online
Agen Judi Bola
Bandar Bola Terpercaya
Agen Casino
Bandar Poker Online
Agen Judi Terpercaya
Prediksi Bola
Agen Bola
Bola Judi
Agen SBOBET
Agen IBCBET
Agen Casino
Casino Online
Poker Online
http://988bet.com/prediksi-tanzania-vs-malawi-07-oktober-2015/
http://988bet.com/prediksi-trapani-vs-perugia-06-oktober-2015/
http://988bet.com/prediksi-pertandingan-portugal-vs-denmark-09-oktober-2015/
http://988bet.com/prediksi-skor-prancis-vs-armenia-09-oktober-2015/
http://988bet.com/prediksi-goal-republik-irlandia-vs-jerman-09-oktober-2015/
http://988bet.com/prediksi-spanyol-vs-luksemburg-10-oktober-2015/
http://988bet.com/prediksi-venezuela-vs-paraguay-09-oktober-2015/
http://988bet.com/prediksi-pertandingan-argentina-vs-ekuador-09-oktober-2015/
http://988bet.com/prediksi-pertandingan-cili-vs-brasil-09-oktober-2015/

Mp Blogger 3 mengatakan...

Wah enak-enak makanan di Aceh.. semoga wisata kuliner dan budaya di Indonesia makin maju

Vin Natha mengatakan...

terimakasih untuk postingannya ;)

semoga bermanfaat http://obatdiabetesalamijg.com/

Ninna Dharmawan mengatakan...

Tunjukkan kemahiran bemain poker anda, bersama dengan jutaan member lainnya di WWW.SALAMPOKER.COM 1 ID bisa bermain 4 Game ( Texas Poker, Domino, Ceme dan Capsa susun)

Dengan Deposit/Withdraw Minimal Rp 10.000
Proses Deposit / Withdraw mudah dan cepat hanya 1/2 menit.
Support 4 Bank Lokal Indonesia : BCA, BNI, BRI, Mandiri,
Dapatkan Bonus dari kami yaitu :
-Bonus TurnOver 0,5% Perminggu
-Bonus Referal 15% Seumur Hidup
-Bonus JackPot Ratusan Juta Setiap Harinya

Untuk Pendaftaran, Proses Transaksi, dan Info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di Layanan 24 Jam kami yaitu :
- LiveChat yang ada di Web kami
- Yahoo Messenger : CS_SALAMPOKER
- BlackBerry Messenger : 5C270719
- WeChat : SALAMPOKER
- Line : SALAMPOKER

Seninselasa Foundation mengatakan...

keren

Posting Komentar

Music